Media sosial memang sudah semakin berkembang bukan sebagai ajang bersosial di platform digital saja. Ya, saat ini, media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram dan sebagainya memang sudah berkembang dan menjadi salah satu channel untuk melakukan marketing.
Optimalkan Marketing media Sosial dengan Menghindari Kesalahan Mendasarnya
Nah jika Anda ingin mencoba melakukan promosi melalui media sosial, saat ini masih belum terlambat untuk menjadi pemula. Tanpa perlu banyak tools dan pengetahuan SEO, marketing di media ini sudah cukup menjanjikan. Namun sebagai pemula, Anda sebaiknya juga mengetahui dan menghindari beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan berikut ini;
1. Mengabaikan Pentingnya Marketing Plan
Ingat peribahasa "Gagal Merencanakan, berarti Merencanakan Kegagalan". Sama halnya dengan marketing melalui media apapun, termasuk di media sosial. Harus ada rencana, target dan cara mengukur kinerja beserta pencapaiannya. Rencana yang baik pun bisa gagal dan perlu penyesuaian ulang, apalagi marketing tanpa perencanaan?
2. Mengabaikan Content Strategy
Saat ini, konten menjadi hal yang semakin krusial dan perlu strategi khusus untuk mengelolanya. Konten berkualitas yang dikelola dengan baik akan berujung pada percakapan dan hubungan yang kemudian seakan mengikat orang dan berhubungan dengan matriks ROI pula.
3. Mengabaikan Unsur Manusia
Marketing di media sosial berarti Anda berusaha memasarkan produk kepada akun yang dimiliki oleh manusia. Dengan begitu, sudah seharusnya Anda juga bersikap sebagaimana manusia yang ingin menjalin relasi, menjaga sikap hingga membentuk reputasi yang baik dari apa yang disampaikan dan dibagikan. Inilah yang kemudian merepresentasikan brand Anda yang memperlakukan calon pembeli sebagai manusia.
4. Mengabaikan Komentar
Saat Anda mengunggah post tentang informasi, promo, produk baru atau sekedar kutipan ke media sosial, harapannya adalah mendapat umpan balik positif dari pengguna media sosial. Sayangnya, mungkin tidak semua feedback ini direspon yang membuat orang merasa diabaikan. Meskipun menyita waktu, merespon feedback dari media sosial nyatanya bisa embuak peluang lebih untuk terjadinya deal.
5. Mengabaikan Komitmen Jangka Panjang
Ingat bahwa keberhasilan, apapun itu, sangat jarang bisa diraih secara instan. Banyak pemula yang mengawali marketing media sosialnya dengan penuh semangat, saat hasil tak sesuai harapan, mereka pun putar haluan. Tentunya hal ini sangat bergantung kepada mentalitas dan jiwa entrepreneur yang dimiliki tentang seberapa kuat Anda mampu bertahan untuk berkomitmen mencapai kesuksesan.
6. Mengabaikan Karakteristik Media Sosial
Setiap media sosial memiliki karakteristik layanan masing-masing yang juga memiliki pengguna dengan ciri tertentu pula. Anda perlu memahami karakteristik ini sehingga mampu memilih jalur yang tepat sesuai target. Sebagai contoh saat Anda ingin mendapatkan komunikasi personal, maka channel seperti YouTube kan kurang sesuai.
7. Terlalu Berorientasi ke Profit
Bersosial adalah hal yang seharusnya Anda lakukan di media sosial, terlepas maksud Anda yang ingin melakukan marketing. Maka dari itu, lakukanlah dengan jujur dan sepenuh hati. Untuk bisa melakukannya, tentu Anda sendiri juga harus nyaman dengan platform tersebut agar tidak lekas bosan dan putus asa.
8. Kenalkan Diri Anda
Saat Anda ingin membeli sesuatu, sewajarnya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang siapa penjualnya dan bagaimana riwayatnya. Inilah pentingnya mengapa sebaiknya Anda juga menjelaskan terlebih dahulu siapa Anda. Lengkapi profil akun media sosial Anda, lengkap dengan alamat, kontak hingga beberapa cuplikan kehidupan pribadi Anda. Dengan begitu, calon target market Anda akan merasa lebih tenang karena mengetahui dengan siapa ia berbicara.
9. Mengabaikan Kualitas
Usahakan sebisa mungkin, setiap unggahan yang Anda bagikan baik itu untuk keperluan marketing ataupun bukan, dapat memberikan manfaat kepada target pasar. Siapa yang sudi melihat postingan tak bermutu yang tampil di timeline media sosial? Alih-alih mendapat klik, justru akun Anda akan dilaporkan karena spamming.
Demikianlah 9 kesalahan umum yang sayangnya masih sering dilakukan oleh para pemula sosial media marketing. Meskipun berat, kan berarti melakukan pemasaran di media sosial adalah hal yang tidak mungkin dilakukan, bukan?