Arus perkembangan bisnis mengalami peningkatan yang cukup tajam saat ini. Kondisi ini diibaratkan “mati satu tumbuh seribu”. Saat satu bisnis mengalami kebangkrutan, bisnis yang bergerak di bidang yang sama mulai bermunculan ke permukaan. Perkembangan di dunia bisnis harusnya disambut dengan baik karena secara tidak langsung akan memperluas lapangan pekerjaan di tanah air. Di sisi lain, cadangan kas negara juga akan bertambah. Namun, para pebisnis sering kali menjadi takut karena perkembangan bisnis menimbulkan persaingan yang cukup ketat, terutama untuk bisnis yang bergerak di bidang yang sama. Ada kalanya bisnis juga menjadi stuck alias terhenti secara tiba-tiba. Agar bisnis makin berkembang, lakukan tips-tips berikut ini.
1. Melakukan Pengukuran Kinerja Setiap Tahun Perkembangan bisnis dapat diketahui dengan cara menilai bisnis secara keseluruhan. Mulai dari unit manajemen, produksi, keuangan, hingga pemasaran. Semuanya harus dikoreksi secara menyeluruh untuk mengetahui ukuran kinerja yang sudah dilakukan selama periode tertentu. Penilaian atau pengukuran kinerja bisa dijadikan sebagai pedoman untuk memperbaiki performa perusahaan di masa yang akan datang. Dengan begitu, grafik pertumbuhan perusahaan bergerak ke arah positif setiap tahun.
2. Membentuk Tim Kerja yang Baik Di balik bisnis yang sukses, terdapat pelaku bisnis yang sukses pula. Para pelaku bisnis tidak hanya manajer atau CEO, tapi juga para karyawan. Pertumbuhan bisnis dimotori kedua belah pihak yang memiliki aspek kerja yang berbeda-beda. Meskipun manajer dan karyawan memiliki jenjang karier yang berbeda, keduanya harus mampu bekerja secara tim untuk menciptakan keserasian kerja. Jangan ragu untuk memberikan pelatihan dan introduksi kepada para karyawan sebelum memulai tugas. Jadilah sosok pemimpin yang bijak dan bersahabat untuk menciptakan harmonisasi dalam sebuah tim.
3. Memproduksi Produk yang Berkualitas Tidak dapat dimungkiri, kualitas produk menjadi komponen penting dalam perkembangan bisnis. Inilah sebabnya kenapa sebuah bisnis harus mampu memproduksi produk yang berkualitas untuk dijual kepada para konsumen. Kenapa kualitas produk begitu penting? Sebab kualitas sangat menentukan umur ekonomis sebuah produk. Apabila produknya berkualitas, produk tersebut otomatis lebih awet dan tahan lama. Kualitas produk pun semakin dibutuhkan pada era modern agar produk mampu bersaing dengan produk lain.
4. Memperluas Jaringan Bisnis Cara lain agar bisnis dapat bertumbuh secara potensial adalah dengan memperluas jaringan bisnis. Selaku pemimpin, Anda perlu melakukan penyegaran strategi bisnis secara menyeluruh. Apabila strategi yang digunakan masih sangat sederhana, kembangkan strategi tersebut menjadi lebih kompleks demi kemajuan bisnis. Misalnya, melakukan ekspansi pemasaran dengan membuka layanan pembelian online sehingga konsumen lebih mudah untuk mendapatkan produk yang ia inginkan.
5. Mencari Investor Sebanyak Mungkin Tidak dapat dimungkiri, keberadaan para investor sangat menentukan laju pertumbuhan sebuah bisnis. Perusahaan yang berhasil mendapatkan investor yang banyak otomatis lebih cepat berkembang karena modal yang dibutuhkan cukup untuk melakukan ekspansi bisnis. Inilah sebabnya kenapa para pebisnis rela menguras tenaganya demi menarik perhatian investor. Para investor akan mudah diajak untuk berinvestasi apabila bisnis yang Anda geluti memiliki prospek yang menjanjikan dalam jangka panjang. Karena itu, tampilkan portofolio bisnis yang bagus agar investor tertarik untuk bergabung.
6. Melayani Konsumen dengan Sepenuh Hati Konsumen merupakan elemen yang sangat penting dalam berbisnis. Tanpa konsumen, bisnis akan mati secara perlahan. Agar bisnis terus berkembang, Anda perlu melayani konsumen dengan sepenuh hati. Pelayanan yang dimaksud tidak hanya dari segi produk, tapi juga dari cara Anda berkomunikasi dengan konsumen. Pelayanan yang baik merupakan cikal bakal tumbuhnya kesetiaan konsumen pada produk yang Anda jual. Jangan ragu untuk memperlakukan konsumen bak raja dan ratu di negeri dongeng agar mereka selalu betah saat berbelanja. Jangan Lupa Tetapkan Target Bisnis yang digeluti tidak luput dari target yang ingin dicapai. Karena itu, jangan lupa untuk menetapkan target sebagai tolak ukur dari pertumbuhan bisnis. Apabila target belum tercapai, Anda juga lebih mudah untuk melakukan evaluasi dan perancangan strategi baru dalam berbisnis.