Promosi merupakan salah satu cara agar usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan baik. Promosi bertujuan untuk memberikan informasi tentang produk kepada calon pelanggan dan menarik pelanggan supaya membeli produk tersebut.
Email marketing merupakan salah satu media promosi online yang cukup populer di era digital ini. Media promosi ini dapat menghubungkan pelaku usaha dengan calon pelanggan atau pelanggan secara langsung terus menerus. Hal ini dapat membentuk kepercayaan dari calon pelanggan dan komunikasi antara kedua belah pihak dapat terjaga baik.
Berikut adalah 5 manfaat email marketing dalam menjalankan usaha.
1. Jangkauan Luas
Pada era digital saat ini, promosi menggunakan email marketing yang notabenenya berbasis online sangat tepat untuk menyentuh pelanggan dan memiliki prospek yang jangka panjang. Hal ini didukung penggunaan internet di masyarakat sehingga promosi usaha dapat dilakukan dengang jangkauan yang luas.
2. Tepat Sasaran
Email marketing dapat memperbesar kemungkinan produk usaha atau layanan usaha terjual. Hal ini dikarenakan promosi yang dilakukan akan tepat sasaran kepada pelanggan yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, pelanggan juga akan menerima informasi tentang produk atau layanan terbaru dengan cepat.
3. Responsif
Email marketing yang dikirim kepada konsumen memiliki respon yang lebih baik dibanding cara promosi lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil survei beberapa internet marketer, konsumen yang sering membuka email mengalami peningkatan hingga 15 persen dalam kurun waktu satu tahun. 89 persen diantaranya dikarenakan penasaran dan tertarik pada promosi produk email marketing yang dikirim kepada konsumen memiliki respon yang lebih baik dibanding cara promosi lainnya.
4. Mengikuti Perkembangan Jaman
Dalam menjalankan usaha harus tetap mengikuti perkembangan jaman. Aktivitas masyarakat hampir seluruhnya menggunakan teknologi, makan promosi menggunakan email marketing akan lebih mudah diterima masyarakat.
5. Hemat Biaya Produksi
Strategi pemasaran melalui email marketing sangat hemat biaya dibandingkan media konvensional lainnya, seperti media cetak, pos, dsb. Strategi pemasaran ini pula bisa memancing responsif yang tinggi dari masyarakat.