Kiat Memanfaatkan Instagram Untuk Memasarkan Produk

Kiat Memanfaatkan Instagram Untuk Memasarkan Produk 19 Feb

Saat ini penggunaan sosial media bukan sekedar untuk memposting foto atau video saja. Sosial media juga digunakan untuk melakukan penjualan produk bisnis. Salah satu sosial media yang paling berpengaruh terhadap penjualan produk suatu bisnis adalah Instagram.

Instagram merupakan aplikasi yang paling populer yang gunanya untuk berbagi foto dan video. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki berbagai manfaat untuk para pebisnis guna membangun dan mengembangkan brand suatu bisnis.

Selain itu, banyak manfaat Instagram yang dapat mempengaruhi proses pemasaran produk bisnis. Berikut beberapa manfaat Instagram yang dimanfaatkan oleh pelaku bisnis.

1.  Bisnis terakses dengan mudah oleh konsumen

Instagram sudah tak asing lagi di mata masyarakat. Kemudahan akses dan jangkauan informasi yang luas membuat Instagram sangat efektif dalam pemasaran produk terhadap konsumen.

2.  Peningkatan Brand Awareness efektif dan terjangkau

Instagram memiliki fitur promosi atau memasang iklan produk. Pemasangan iklan di Instagram sangat murah apabila dibandingkan dengan pemasangan produk di media konvensional. Fitur iklan ini juga dapat memilih kategori yang sesuai dengan target produk.

3.  Lebih dekat dengan konsumen

Interaksi yang intens terhadap konsumen dan calon konsumen dapat membuat kita lebih dekat dengan konsumen. Kedekatan ini dapat membuat konsumen tertarik dengan produk bisnis kita.

4.  Peningkatan statistik kunjungan  website

Apabila mempunyai website khusus, Instagram dapat meningkatkan statistik kunjungan pada situs website tersebut. Semakin banyak kunjungan maka semakin besar juga peluang calon konsumen membeli produk bisnis kita. Tentu saja hal ini harus didukung dengan foto atau video, beserta caption yang menarik, dan tidak lupa juga mencantumkan situs website pada akun dan caption.

5.  Respon cepat terhadap keluhan konsumen

Konsumen dan calon konsumen terkadang meninggalkan sebuah komentar pada postingan produk. Berikan respon yang cepat dan ramah agar konsumen tersebut semakin tertarik untuk membeli produk.

6.  Memantau dan memahami persaingan pasar

Instagram juga dapat memantau persaingan pasar pada produk yang kita miliki. Dengan memahami persaingan pasar, kita dapat membuat strategi untuk inovasi produk bisnis yang dijalankan.